Kamis, 01 Oktober 2020

PENGERTIAN ARSITEK MENURUT PARA AHLI DUNIA


1. Marcus Pollio Vitrovius 



 Bapak arsitektur dunia yang dikenal lewat De Architecture ini menyatakan bahwa arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekokohan (virmitas), keindahan/estetika (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas).Selain itu, arsitektur juga merupakan ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya serta dilengkapi dengan proses belajar. Salah satu cabang ilmu yang mesti dipelajari dalam menelaah arsitektur adalah ilmu filsafat terutama rasionalisme, empirisisme, fenomenologi strukturalisme, poststrukturalisme, dan dekonstruktivisme. Semua hasil karya yang dihasilkan arsitektur adalah suatu karya seni.

   2. Banhart CL Dan Jass Stein



Banhart CL Dan Jass Stein mempunyai pendapat lain soal  ini. Menurut Stein, arsitektur merupakan seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat atau format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

    3. Sir Henry Watton



Pengertian arsitektur menurut Sir Henry Wotton adalah suatu arsitektur bangunan harus memiliki tiga kondisi berikut: komoditas, kokoh, dan menyenangkan.

    4. Amos Rappoport (1981)



Pengertian arsitektur menurut Amos Rappoport adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata alur kehidupan sosial dan budaya masyarakat, yang diwadahi dan sekaligus mempengaruhi arsitektur. 

     5. Djauhari Sumintardja


Pengertian arsitektur menurut para ahli selanjutnya datang dari Djauhari Sumintardja. Tokoh arsitektur ini mempunyai definisi khusus bagi cabang seni rupa 3 dimensi ini, dimana arsitektur diartikan  karya manusia dan bermanfaat pula bagi manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat untuk badan dan manfaat untuk jiwa. Manfaat arsitetur untuk badan adalah memberi perlindungaan diri bagi badan. Sementara itu, manfaat arsitektur untuk jiwa adalah memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan, dan sebagainya.

     6. Francis DK Ching 


Pengertian arsitektur menurut Francis DK Ching adalah arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

     7.Robert Gutman 

Robert Gutman mengatakan bahwa arsitektur merupakan kulit ketiga manusia. Gutman juga mengatakan bahwa arsitektur adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, tetapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis. 

     8. Y.B. Mangunwijaya 

 

Pengertian arsitektur menurut Y.B. Mangunwijaya adalah vastavidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastawidya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kanan). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitektur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab dari bahan-bahan sederhana pun bisa mmeberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan ataupun kepongahan.

     9. Le Corbusier 


Seorang pelopor arsitek modern abad ke 20 , menurutnya arsitek merupakan pentaan beberapa masa yang mengikuti perkembangan zaman dan di padukan dengan cahaya . banugnan akan terlihat indah jika ia bisa mendapatkan cahaya yang cukup untuk sebuah bangunan

10. Ir. Thomas Krasten

 

Arsitek adalah seni yang paling sosial terdapat dengan tidak sedikit jaringan dan materi yang di pakai unutk industri . dalam makna sempit arsitek tidak jarang di maknakan sebangan rancangan atau perancang 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda